"JAS MERAH, KAMPUS PUTIH" Kebanggaanku


Foto pribadi


Apasih jas merah kampus putih? Nah, pasti bingung yaa? Yuk simak penjelasan di bawah ini…

Jas Merah Kampus Putih merupakan semboyan atau sebutan untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dimana “Jas Merah” merupakan almamater yang dikenakan para mahasiswa/(i) UMM, sedangkan “Kampus Putih” merupakan setiap bangunan UMM yang berwarna putih. Akan tetapi, menurut saya sendiri, merah dan putih memilik warna yang berarti seperti warna bendera RI kebanggaan kita semua.

UniversitasMuhammadiyah Malang sendiri berdiri pada tahun 1964 yang awalnya cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No.71 tanggal 19 Juni 1963 berdasarkan Gouvernement Besluit Nomor 81 tanggal 22 Agustus 1914.

Namun, kini UMM telah berdiri sendiri sebagai universitas swasta pada tanggal 1 Juli 1968 yang berada dalam naungan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang, dengan Akte Notaris R. Sudiono, No. 2. Pada perkembangan berikutnya akte tersebut diperbarui dengan Akte Notaris G. Kamarudzaman No.7 tanggal 6 Juni 1975, dan diperbarui kembali dengan Akte Notaris Kumalasari, S.H. No.026 tanggal 24 Nopember 1988 dan didaftarkan kepada Pengadilan Negeri Malang No. 88/PP/YYS/XI/1988 tanggal 28 Nopember 1988.

Pada masa awal, kampus putih ini hanya membuka 3 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi,  Fakultas Hukum, dan Fakultas Pendidikan dan Pengajaran (FPP) dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Kemudian fakultas tersebut mendapat status “Terdaftar” oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 pada 30 Desember 1966.

Setelah itu, Universitas Muhammadiyah melangalami banyak perkembangan dan membuka fakultas-fakultas baru, di antaranya Fakultas Kesejahteraan Sosial, Fakultas Pendidikan dan Pengajaran Jurusan Pendidikan Agama sebagai Fakultas Agama yang berada dalam naungan Departemen Agama dengan nama Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial,Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dengan Program Studi Budidaya Pertanian, kemudian menyusul Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Pascasarjana,Program Doktor Ilmu Sosial dan Politik.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 3 kampus yang berbeda lokasi, yakni :
1.      UMM kampus 1 berlokasi di Jl. Bandung No. 1 Malang. Di kampus 1 ini sekarang ditempati khusus bagi para PASCASARJANA dan DOKTOR.
2.      UMM kampus 2 yang berada di Jl. Bendungan Sutami 188A Sumbersari Malang. Di kampus 2 ini sekarang ditempati khusus bagi mahasiswa/i FIKES (Fakultas Kesehatan) dan FK (Fakultas Kedokteran).
3.      UMM kampus 3 berada di Jl. Raya Tlogomas No. 246 Tegalgondo Malang. Kampus 3 ini adalah kampus pusat dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Universitas Muhammadiyah Malang, saat ini 2018 memasuki umur 54 tahun. Selama ini UMM telah mengabdikan diri mendidik mahasiswa/i untuk berprestasi baik di bidang akademik maupun dibidang non akademik. UMM juga banyak mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang taat pada agama. Oleh karena itu, saat kita telah menjadi mahasiswa baru, kita di latih kepemimpinan dasar dalam kegiatan P2KK. Selain itu, UMM juga mengenalkan tentang perkembangan teknologi yang disampaikan pada kegiatan PATI.

Di Universitas Muhammadiyah Malang ini, tak hanya mahasiswa/i lokal Indonesia saja, namun juga banyak yang berasal dari luar negeri yaitu Singapura, Thailand, Malaysia, Australia, Timor Leste, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Tidak hanya itu mahasiswa/i UMM bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dalam program pertukaran pelajar keluar negeri yang berkerja sama dengannya.

Juga, setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta pasti memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan dari Kampus “UMM” sendiri yakni baik dalam sistem akademik, non akademik, proses belajar dan mengajar yang profesional, fasilitas penunjang untuk kenyamanan penduduk UMM, serta lingkungan yang kondusif dan nyaman. Dengan hal ini, tentunya UMM tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya.

Keistimewaan yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang yaitu memiliki 3 kampus yang sangat luas. Tetapi, kampus yang paling luas terletak pada kampus III Universitas Muhammadiyah Malang. Kampus III tersebut ditempati berbagai jurusan dan kegiatan kampus baik hari jadi, ospek dan pusat segala kegiatan penting lainnya.

Maka dari itu, saya yang saat ini baru menjadi maba UMM, tidak ragu untuk menempuh pendidikan di sini. Nah, sekian dari informasi tentang UMM , yaa, guys…

Komentar

Postingan Populer