UMM Fasilities for Malang

UMM Fasilities for Malang

Annyeong…
Apakabar netizen? Semoga selalu dalam keadaan yang baik, yaa …

Siapa sih yang gak tau UMM? Masyarakat Malang pasti tau lah yaa!!! Jangankan Malang, UMM tuh pastinya udah terkenal ke seluruh wilayah Indonesia hingga ke negara luar. Tau UMM tapi gak tau fasilitas terbaiknya? Ahh… gak afdol itu mah..

Nah, kali ini saya menyampaikan beberapa fasilitas dari Universitas Muhammdiyah Malang yang bisa diakses untuk masyarakat umum. Yukkk… simak di bawah ini!!!



foto pribadi

Keistimewaan universitas Muhammadiyah Malang tidak hanya terletak pada 3 kampus yang dimilikinya. Namun, sebagai penunjang pendidikan mahasiswa kedokteran dan fakultas ilmu kesehatan UMM, kampus putih tersebut mendirikan sebuah bangunan besar untuk dijadikan sebagai rumah sakit yang juga bisa diakses masyarakat umum tidak hanya mahasiswanya saja.
Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang ini dibangun pada tahun 2009 setelah mendapatkan ijin mendirikan bangunan (IMB) dari Pemerintah Kabupaten Malang melalui unit pelayanan terpadu perizinan Nomor : 180/05989/IMB/421.302/2009. Di bulan Oktober 2012, bangunan tersebut mendapatkan izin Mendirikan Rumah Sakit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dengan Nomor : 503.1/83/421.103/2012. Kemudian pada tanggal 20 Juni 2013 kembali mendapatkan Ijin Operasional Rumah Sakit Sementara dengan Nomor : 180/0006/IORS/421.302/2013.

Rumah sakit ini akhirnya diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2013 yang bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-68. Lokasi bangunan besar ini tidak jauh dari UMM kampus III, tepatnya di di sebelah timur terminal Landungsari Jl Raya Tlogomas No. 45 Malang. Uniknya, bangunan yang berdiri di tanah seluas 9 hektar ini memiliki desain bangunan dengan cirikhas tiongkok. Jadi, membuat rumah sakit ini berbeda dengan rumah sakit yang lain.

Nah, itu dia asal usul rumah sakit umm ini guys, masalah fasilitas pelayanan tidak perlu diragukan lagi yaa…


2.      UMM Inn

foto pribadi


Tak kalah megah pula, di sebelah barat UMM kampus III tepatnya pas di sebelah bookstore UMM terdapat sebuah bangun indah yang biasa disebut dengan UMM inn. UMM inn ini merupakan hotel milik Universitas Muhammadiyah Malang.

Awalnya, tahun 2003 bangunan tersebut bernama Hotel University Inn dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Negara Telekomunikasi dan Pariwisata Kabinet Gotong Royong I Gde Ardhana. Dengan konsep pembangunannya sebagai penginapan yang ditujukan untuk pengadaan akomodasi untuk kalangan Civitas Akademika UMM.  Hotel ini juga merupakan salah satu hotel pendidikan pertama di Indonesia  dengan mengusung Konsep dari hotel pendidikan di University of New York dan Harvard University di AS. Seiring berjalannya waktu, pembangunan hotel ini mengalami banyak perkembangan dengan fasilitas dan pelayanan yang professional.

Hotel University Inn (UMM inn saat ini)  kemudian berhasil diresmikan pada tanggal 25 Juni 2005 oleh Bupati Malang Sujud Pribadi dan dibuka untuk umum. Kegiatan pertama kali yang digelar yakni penyiapan akomodasi untuk Muktamar Muhammadiyah 45, pada tanggal 1-8 Juli 2005 .
Begitulah perjalan hotel UMM Inn yang tetap gagah hingga saat ini.

3.      Bookstore UMM

foto pribadi



Di luar sana pasti banyak yang mengenal gramedia kan??? Nih yaa, UMM juga punya bookstore lho… Gak kalah lengkap deh dengan toko-toko buku di luar sana.
Bookstore UMM ini pertama kali diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2005, dengan 3 divisi yang dimiliki yaitu divisi buku, divisi stasionery, dan divisi computer. Dan beberapa waktu yang lalu, bookstore ini mengembangkan salah satu divisi yang bekerja sama dengan pihak perorangan dan membentuk sebuah usaha souvenir karena pihak perorangan tersebut memiliki visi dan misi yang sama dengan bookstore UMM.

Berkaca pada rencana  jangka panjang Bookstore UMM yang mengacu pada beberapa toko di area kota Malang dan sekitarnya, toko buku ini berupaya mengembangkan konsep baru dalam upaya promosi atas Bookstore UMM, penciptaan brand yang baru dalam menunjang proses pemasaran yang mulai dikembangkan sejak November 2010. Kondisi real Bookstore UMM saat ini, akan dikembangkan sebagai One Stop Market of Education n Shopping.


foto pribadi


Masyarakat Jawa Timur sudah pasti tau lah apa itu sengkaling. Yaa.. meski hanya tau namanya yaa.
Yappss…
Sengkaling merupakan sebuah tempat wisata yang dikelola dan dikembangkan oleh Universiatas Muhammdiyah Malang. Tepatnya berada di Jl. Raya Mulyoagung No. 188, kecamatan Dau, kabupaten Malang, propinsi Jawa Timur, berjarak +/- 10 km dari pusat kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara kota Malang dengan kota Batu, selain itu sangat mudah dicapai oleh kendaraan.
Taman rekreasi seluas 9 hektare ini, pertama kali didirikan oleh WNA asal belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950 dan juga sempat dikelola oleh Mochtar(Padang). Namun tak berlangsung lama, sengkaling tersebut kemudian ditutup. Dan pada tahun 1975, taman keluarga ini dibuka kembali dengan pengelolanya adalah PT. leh PT. Bentoel Group dan dikelola oleh PT. Taman Bentoel. PT. Taman Bentoel, merupakan salah satu anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. Jika dahulu pada awal beroperasinya Taman Rekreasi Sengkaling ini, hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel. Tapi seraya perkembangannya, Taman Rekreasi Sengkaling lantas dibuka untuk umum.
Di sekitar wisata sengkaling juga terdapat sebuah tempat yang dikenal dengan SEKUL atau Sengkaling Kuliner. Para pengunjung sengkaling bisa menikamti berbagai hidangan makanan sesuai dengan selera masing-masing. Tepat berada di depan pintu masuk wisata rekreasi sengkaling sebelah timur. Di sana juga terdapat wahana bermain bagi anak-anak dan tempat duduk untuk bersantai.
Hayooo… lengkap bukan fasilitas yang dimiliki Universitas Muhammadiya Malang? Tak hanya bagi mahasiswanya, namu juga untuk umum. Tak hanya ini lhoo… Masih banyak fasilitas lainnya yang bisa dinikmati bersama.
Thanks yaa para netizen. Jika ada kekurangan dalam artikel ini, boleh disampaikan pada kolom komentar.

Komentar

Postingan Populer